Rabu, 02 Januari 2013

5 Tindakan yang Harus diperhatikan saat Ber-Blogging

NetOopsblog protected imageNetOopsblog protected imageNetOopsblog protected image

Sobat pasti menghabiskan banyak waktu untuk menulis dan menerbitkan posting di blog (bagi yang tidak hanya copaz), tetapi apakah sobat tahu ada hal yang mungkin menyebabkan semua aktivitas blogging beresiko? Apa yang sobat rasakan bila suatu saat log in ke blog sobat, lalu mengaturnya dan tiba-tiba pada saat log in lagi semua telah hilang? Lalu di pencarian google semua postingan blog sobat yang biasanya menjadi rangking satu tidak ditemukan alias hilang? Tentu saja sangat sedih.

Semua ini bisa saja terjadi bila sobat tidak tidak mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi blog Anda. Berikut lima tindakan yang dapat meminimalisir resiko dan bencana yang dapat dialami bagi setiap blooger.

1. Back Up Selalu Sob!
Apakah sobat telah mem-backup data secara teratur? Jika tidak, maka sobat memiliki resiko besar kehilangan seluruh blog anda. Beberapa faktor menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki, tetapi bila blog sobat di-bakup bulanan, maka kerusakan tidak akan sulit untuk diperbaiki. Sobat dapat mengembalikannya persis (paling tidak mendekati). Saya sarankan untuk menggunakan alat tambahan yang menyediakan fitur backup data blog.

2. Pelihara Keamanan Blog Sobat
Jika blog sobat tidak aman, mungkin suatu saat akan di-hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ada beberapa individu, organisasi atau semacamnya yang berusaha mencari celah keamanan agar dapat mengambil alih blog sobat. Misalnya, jika sobat menggunakan blogger.com atau wordpress.org saya sarankan agar rutin menggunakan system yang terbaru. Atau lebih mudah rutin mengganti password akun sobat.

3. Jangan jadi Spammer!
Bagi kebanyakan blogger, lalu lintas blog mereka berasal dari Google Search (ngaku aja deh). Bagaimana jika blog sobat tiba-tiba berhenti mendapatkan lalu lintas dari google? Hal ini dapat terjadi jika Google menyatakan bersalah blog kamu menerbitkan blog spam atau mengikuti kegiatan spammer. Pastikan sobat tidak membuat kesalahan SEO yang berakibat sobat dicap sebagai spammer. Jika blog sobat telah dihilangkan dari penelusuran google maka sangat sulit dan memakan waktu lama untuk mengembalikan seperti semula.

4. Tunjukkan solidaritas tinggi dan eratkan silaturahmi!
Saat kita blogging pasti sobat tidak hanya nge-post lalu sudah. Paling tidak mencari referensi pada blog lain. Kita dapat berkomen yang baik untuk menunjukkan kepedulian. Jangan hanya membaca, dengan berkomentar kita mendapatkan teman baru di dunia maya. Apalagi yang harus sangat dihindari adalah melecehkan blog lain dengan ungkapan kotor ataupun berbau SARA. Hal itu dapat menjelekkan popularitas blog kita.

5. Pemeliharaan Blog Jadikan Prioritas
Beberapa blogger ingin menjadikan blognya terlihat mengesankan dengan tampilan yang indah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan cara apapun pasti dilakukan. Tetapi pikirlah para pembaca sesungguhnya hanya ingin membaca postingan sobat, bukan melihat tampilannya. Loading blog yang berat hanya akan mempersulit pembaca. Maka dari itu Blog yang berkualitas lebih mementingkan kenyamanan sang pembaca blog.

Demikian beberapa tindakan yang harus diperhatian bagi blogger. Semoga dapat bermanfaat. Salam hangat sobat Bintang97.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar