Kamis, 03 Januari 2013

Bagaimana Cara Bisnis Internet Bisa Menghasilkan Uang

Bagaimana Cara Bisnis Internet Bisa Menghasilkan Uang

Semoga artikel ini bisa memberikan sedikit gambaran kepada pembaca blog bisnis internet ini, tentang bagaimana cara internet bisa menghasilkan uang. Saya yakin Anda adalah orang yang sedang memiliki hasrat yang tingggi untuk terjun kedalam bisinis internet, tetapi saat ini mungkin masih dalam tahap mengumpulkan atau mencari informasi tentang konsep bisnis internet itu sendiri. Setelah mendapatkan informasi yang cukup nanti baru memulai bisnis internet.

Saya informasikan kepada Anda bahwa sebenarnya internet bisa menjadi sebuah solusi untuk mengurangi pengangguran, emang bisa begitu ya? Saya pastikan bahwa dari internet kita bisa menghasilkan sejumlah uang, jika dilakukan dengan tekun dan serius bukan tidak mungkin bisa menjadi pekerjaan utama untuk kita. Dari pengalaman beberapa teman bahkan ada yang berani meninggalkan pekerjaan offline/dunia nyata yang sudah mapan dan terjun secara total kedalam bisnis internet, walaupun niat awalnya hanya sebagai penghasilan sampingan saja, biasa dikenal dengan istilah fulltime blogger.

Klu ditanya alasannya, sebagian besar dari mereka akan menjawab karena bisnis internet itu lebih mudah dilakukan, waktu kerja lebih banyak 24 jam sehari artinya bisnis online ini bisa berjalan selama 24 jam tanpa henti, bisnis online tidak mengenal waktu dan tempat kerja asal masih terdapat koneksi internet.

Selain itu kita bisa mengatur waktu lebih banyak untuk keluarga, seperti liburan, tanpa harus mengganggu jam kerja. Kecuali Anda mengerjakan bisnis online orang lain dan telah melakukan perjanjian terhadap jam kerja Anda. Tetapi biasanya pelaku bisnis internet tidak akan mempermasalahkan jam kerja dan tempat kerja, yang paling penting itu pekerjaan selesai tepat pada waktunya.

Kembali ke topik, bagaimana sebenarnya cara internet itu bisa menghasilkan uang?

Bisnis internet itu layaknya bisnis yang dilakukan pada dunia nyata/offline, yang diperdagangkan itu berupa (a) barang nyata seperti lcd television, laptop, blackberry, dll; (b) jasa seperti pembuatan website, toko online, advertising, menulis artikel, sales, dll; (c) jualan photo, dan lain sebagainya. Atau bisa melihat 10 jenis pekerjaan online yang pantas Anda tekuni, oleh Pak Joko Susilo.

Untuk setiap jenis bisnis online itu juga memiliki cara yang berbeda dalam hal operasionalnya, untuk penjualan barang nyata yang dilakukan secara online cara kerjanya kira-kira seperti ini, (1) pembeli akan mengunjungi toko online ==> (2) melihat produk ==> (3) jika tertarik melakukan pemesanan via online dan mengisikan formulir berisi alamat serta metode pembayaran yang dia inginkan ==> (4) pembeli akan mentransfer uang pembayaran produk tersebut ==> (5) setelah itu pembeli melakukan konfirmasi bahwa telah membeli sebuah produk dari toko online tersebut ==> (6) pemilik toko akan memeriksa keabsahan setiap pesanan dan jika sudah oke pemilik toko tersebut akan mengirimkan produk tersebut ke alamat si pembeli.

Ilustrasinya bisa dilihat pada gambar berikut ini:


Pada gambar ilustrasi diatas, saya asumsikan bahwa pembeli melakukan pembelian barang dan barang tersebut sampai dengan selamat kealamat si pembeli. Selain itu prosesnya mungkin akan sedikit berbeda antara satu situs dengan situs lainnya.

Untuk bidang jasa juga sama, misalnya Anda menerima orderan untuk membuat website perusahaan atau toko online, Anda akan melakukan pembicaraan/deal bisnis dengan klien seperti desain website yang diinginkan, metode pembayaran, lama waktu kerja dan perjanjian yang diperlukan. Intinya Anda dan klien tersebut membuat sebuah MoU bisnis, sama halnya dengan bisnis nyata. Setelah mengetahui secara jelas keinginan klien tersebut Anda akan membuat website, setelah selesai melaporkan kepada klien. Untuk bisnis internet lainnya akan dijelaskan dilain waktu saja.

NB: Dalam bisnis internet si pembeli akan terlebih dahulu mentransfer uang pembelian produk terlebih dahulu baru produk tersebut dikirim oleh pemilik produk kealamat si pembeli.

Jadi tips sebelum membeli produk di internet sebaiknya perhatikan toko online/tempat membeli produk tersebut, jika ternyata mencurigakan dan kurang dipercaya sebaiknya cari toko online lainnya.

Okey, semoga artikel ini bisa membantu buat teman blogger yang sedang mencari informasi tentang bagaimana sebenarnya cara internet itu bisa menghasilkan uang. Seperti biasa kritik dan saran dari teman blogger semua sangat saya harapkan, silahkan pada bagian komentar ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar