Kamis, 03 Januari 2013

Tips Cara Memperbaiki Windows Error Setelah WSaupdater.exe di Hapus

Tips Cara Memperbaiki Windows Error Setelah WSaupdater.exe di Hapus


Virus Komputer
Tips Cara Memperbaiki Windows Error Setelah WSaupdater.exe di Hapus - Pada kesempatan kali ini Bintang97 ingin memberikan sedikit informasi yang mungkin berguna untuk para newbie dalam dunia IT.  Terkadang di dalam komputer yang kita pakai ternyata banyak sekali problem terutama yang paling sering yaitu banyaknya dari pengguna yang terkena virus, komputer melambat, program error, sampai dengan system yang error. Banyak sekali masalah pada system komputer, namun yang akan kita bahas kali ini yaitu dimana windows menjadi melambat karena terganggu oleh virus.
Pada pembahasan terdahulu bintang97 pernah membahas tentang Tips Ampuh Cara Mengembalikan File yang disembunyikan oleh Virus dan 8 Tips Ampuh Cara Mengamankan Komputer dari Virus.
Beberapa waktu kemarin sempat muncul virus atau spyware yang bikin IT Newbie pusing tujuh keliling, Wsaupdater namanya. Wsaupdater adalah salah satu spyware yang mengubah file Userinit.exe menjadi file Wsaupdater.exe. Sobat dapat membersihkan komputer sobat dengan menggunakan BlazeFind atau Ad-Aware dari Lavasoft
Akibat dari perbuatan Wsaupdater.exe, key dalam Regedit/registry sudah rusak maka Ad-Aware tidak dapat mengembalikan subkey kembali ke Userinit.exe. Subkey yang kita bicarakan di sini terletak pada HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon
Value: Userinit
Data: %Windir%\System32\Wsaupdater.exe
Keterangan: %windir% adalah sebutan lokasi folder dari System32 di dalam harddisk sobat. contohnya jika lokasinya C:\Windows\System32, maka data yang bervirus ada di C:\Windows\System32\Wsaupdater.exe.
Padahal data ini seharusnya berisi Userinit.exe bukannya Wsaupdater.exe. Jangan sampai sobat tertipu oleh upaya virus karena virus telah mengganti file yang bervirus.


Paca contoh di atas, merupakan data yang benar seharusnya C:\Windows\System32\Userinit.exe,.
(koma setelah path tidak boleh dihilangkan). Gunakan Recovery Console untuk meng-copy file Userinit.exe ke Wsaupdater.exe agar fasilitas logon windows bisa dikembalikan dan sobat dapat memperbaiki registry secara manual. Langkah berikut ini akan mengubah catatan dalam registry sobat. Namun agar tidak terjadi masalah, ikuti langkah  di bawah dengan seksama dan teliti. Untuk lebih amannya IT Newbie sarankan untuk membuat backup registry/regedit sobat agar bila terjadi kerusakan pada regedit, dapat dikembalikan seperti semula.

Mari kita lanjut ke pembahasan utama, ikuti langkah berikut:

1. Menggunakan Recovery Console untuk meng-copy file Userinit.exe
Pada command prompt Recovery Console ketik
cd system32 [ENTER]
copy userinit.exe wsaupdater.exe [ENTER]
exit [ENTER]


2. Memodifikasi registry
1. Klik Start > Run, ketik >regedit [OK]. Dalam Registry Editor, Masuk ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon
2. Pada kolom sisi kanan, klik kanan Userinit > Modify
3. Ganti wsaupdater.exe dengan userinit.exe, (pastikan sobat memasukkan tanda koma seperti dalam contoh), kemudian klik [OK]
4. Restart komputer sobat.

3. Hapus file Wsaupdater.exe
1. Login ke komputer dengan akun user yang memiliki level akses administrator.
2. Klik Start > Run, ketik %Windir%\system32 [OK].
3. Klik kanan wsaupdater.exe > Delete > [OK].

Setelah ketiga langkah ini selesai, seharusnya komputer Anda sudah terbebas dari spyware Wsaupdater.exe sekaligus windows Anda kembali ke kondisi normal.

Kesimpulan dari virus/spyware Wsaupdater yaitu menipu pengguna dengan merubah file userinit.exe menjadi wsaupdater dalam system32. Dimana fungsi userinit.exe merupakan login awal untuk windows sedangkan bila sudah berubah menjadi wsaupdater.exe maka pengguna tidak akan bisa login.


Saran  yaitu : update antivirus sobat dengan yang paling terbaru, kenali file system anda. Jika komputer sudah mulai melambat atau sudah mencurigakan segera bersihkan dengan antivirus. Jika sobat tidak ingin terkena virus, gunakan operating system linux. Karena os linux untuk saat ini belum terjangkit virus.
Sekian tutorial tentang Tips Cara Memperbaiki Windows Error Setelah WSaupdater.exe di Hapus.
Semoga bermanfaat..
Salam 

1 komentar:

  1. I have been using Kaspersky Antivirus for a few years now, and I'd recommend this product to all you.

    BalasHapus